Header Ads

ad728
  • Kabar Terbaru

    KA Logawa Purwokerto-Jember Punya Wajah Baru, Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif


    Jember - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan bagi pengguna transportasi kereta api.

    Salah satu upaya terbaru adalah pengoperasian kereta ekonomi stainless steel new generation pada KA Logawa, yang melayani rute Purwokerto - Jember dan sebaliknya.

    Mulai 18 September 2024, penumpang KA Logawa dapat menikmati peningkatan fasilitas yang membuat kelas ekonomi ini menyerupai kenyamanan kelas eksekutif.

    Peningkatan fasilitas pada KA Logawa

    Kereta ekonomi pada KA Logawa yang sebelumnya menggunakan kursi berhadapan kini digantikan dengan kursi captain seat yang lebih ergonomis dan nyaman.

    Hal ini disampaikan oleh VP Public Relations KAI, Anne Purba, yang menekankan bahwa kereta baru ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik, terutama bagi penumpang yang melakukan perjalanan panjang.

    Kapasitas penumpang dalam kereta ini pun tetap sebanyak 72 tempat duduk.

    “Kursi pada kereta ekonomi new generation sudah berjenis captain seat yang akan meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan KA ketika melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang,” ujar Anne.

    Tidak hanya sekadar mengganti kursi, kereta ekonomi new generation juga dilengkapi dengan fitur reclining, yang memungkinkan penumpang mengatur kemiringan kursi sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

    Selain itu, kursi-kursi ini bisa diatur sesuai arah laju kereta atau dibuat berhadapan (revolving), menjadikan perjalanan lebih fleksibel bagi para penumpang.

    Salah satu keunggulan lain dari kereta ekonomi new generation ini adalah tampilan interiornya yang lebih modern dan mewah, mirip dengan kelas eksekutif.

    Aksen kayu yang ditambahkan pada bagian jendela memberikan nuansa klasik dan elegan. Selain itu, bagasi di atas tempat duduk kini juga lebih leluasa dan menyerupai desain yang digunakan pada kereta eksekutif.

    Tidak hanya pada kursi dan interior, modifikasi juga dilakukan pada fasilitas toilet. Kini, kereta dilengkapi dengan toilet duduk modern yang disertai wastafel dan hand dryer.

    Selain itu, terdapat tempat ibadah di kereta restorasi, menambah kenyamanan bagi penumpang yang ingin menjalankan ibadah selama perjalanan.

    Sebelumnya, KAI telah memperkenalkan kereta ekonomi dengan fasilitas serupa pada sejumlah kereta lain seperti KA Menoreh, KA Jaka Tingkir, KA Jayabaya, dan KA Gaya Baru Malam Selatan.

    Proyek peningkatan kualitas kereta ekonomi ini terus berlanjut, dengan target sebanyak 60 gerbong kereta ekonomi berhadapan akan diubah menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi hingga akhir tahun 2024.

    KAI juga bekerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 91 gerbong kereta ekonomi stainless steel new generation yang akan terus dioperasikan pada rute-rute lainnya.

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728